Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli dan Kesimpulannya

Pengertian Belajar

Pengertian Belajar menurut Anita E. Woolfolk

Pengertian Belajar menurut Anita E. Woolfolk (dalam Semiawan, 1999: 245) menyatakan bahwa belajar terjadi ketika pengalaman menyebabkan suatu perubahan pengetahuan dan perilaku yang relatif permanen pada individu.
Sedangkan Menurut Abin Syamsudin (1981) mengartikan bahwa belajar adalah suatu perbuatan yang menghasilkan perubahan perilaku dan pribadi.
Kemudian pengertian belajar menurut Santrock dan Yusen (1994) menyatakan bahwa learning isi defined as a reltively permanent change in behaviour that occurs though experiences.
Dari ketiga definisi tersebut ada empat kata kunci dibalik definisi kata belajar, yaitu perubuhan, pengetahuan-perilaku-pribadi, permanen, dan pengalaman. Jika dirumuskan secara komprehensif bahwa belajar merupakan aktivitas atau pengalaman yang menghasilkan perubahan pengetahuan, prilaku dan pribadi yang bersifat permanen.

Pengertian Belajar Menurut R. Gagne

Menurut R. Gagne (dalam Susanto, 2013: 1-2) belajar dapat didefinisikan sebagai suatu proses dimana suatu organisme berubah perilakunya sebagai akibat pengalaman. Bagi Gagne belajar dimaknai sebagai suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, dan tingkah laku. Selain itu, Gagne juga menekankan bahwa belajar sebagai suatu upaya memperoleh pengetahuan atau keterampilan melalui instruksi.

Pengertian Belajar Menurut Sobur

Sobur (2009: 218) menyatakan, “belajar dapat diartikan sebagai perubahan perilaku yang relatif tetap sebagai hasil adanya pengalaman”.

Kesimpulan Pengertian Belajar

Dari ketiga pendapat ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian belajar adalah suatu aktivitas atau pengalaman yang memotivasi seseorang menghasilkan perubahan pengetahuan dan tingkah laku karena adanya pengalaman yang dilakukan dalam kegiatan belajar.

Nah demikianlah pengertian belajar menurut beberapa ahli dan juga kesimpulan menurut saya sendiri, semoga bermanfaat bagi adik-adik kuliah yang membutuhkannya. JAngan lupa share ke temaan-teman yang membutuhkan informasi ini.

Posting Komentar untuk "Pengertian Belajar Menurut Para Ahli dan Kesimpulannya"