Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Yang Mempengaruhi Belajar Menurut Ahli dan Kesimpulannya

Faktor Yang Mempengaruhi Belajar

Faktor Yang Mempengaruhi Belajar Menurut Sobur

Sobur (2003: 244) mengemukakan secara garis besar, faktor-faktor yang memengaruhi/mempengaruhi belajar anak atau individu dapat dibagi dalam dua bagian, yaitu:
a) faktor endogen atau disebut juga faktor internal, yakni semua faktor yang berada dalam diri individu;
b) faktor eksogen atau disebut juga faktor eksternal, yakni semua faktor yang berada di luar diri individu, misalnya orang tua atau kondisi lingkungan di sekitar individu.

Faktor Yang Mempengaruhi Belajar Menurut Susanto

Menurut Wasliman (dalam Susanto, 2013: 12-13) ada dua macam faktor yang mempengaruhi proses belajar, yaitu:
a) Faktor internal, yakni faktor yang bersumber dari dalam diri peserta didik yang mempengaruhi kemampuan belajarnya. Faktor internal ini meliputi: kecerdasan, minat dan perhatian, motivasi belajar, serta kondisi fisik dan kesehatan.
b) Faktor eksternal, yakni faktor yang berasal dari luar diri peserta didik yang mempengaruhi hasil belajar yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Keadaan keluargaberpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Keluarga yang morat-marit keadaan ekonominya, pertengkaran suami istri, perhatian orang tua yang kurang kepada anaknya, serta kebiasaan sehari-hari berperilaku yang kurang baik dari orangtua dalam kehidupan sehari-hari berpengaruh dalam hasil belajar peserta didik.

Kesimpulan Faktor Yang Mempengaruhi Belajar

Berdasarkan beberapa pendapat ahli tentang faktor yang mempengaruhi belajar, dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi belajar dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang dari dalam diri siswa seperti: motivasi, kecerdasan, dan bakat. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar siswa seperti: keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Nah demikianlah faktor yang mempengaruhi belajar menurut beberapa ahli dan juga kesimpulan menurut saya sendiri, semoga bermanfaat bagi adik-adik kuliah yang membutuhkannya. Jangan lupa share ke temaan-teman yang membutuhkan informasi ini.

2 komentar untuk "Faktor Yang Mempengaruhi Belajar Menurut Ahli dan Kesimpulannya"

  1. Syukran atas tulisannya ya...Insyaallah bermanfaat bagi semuanya...Amiin

    BalasHapus
  2. Tolong dicantumkan sumbernya min. Terimakasih

    BalasHapus